Jumat, 06 November 2009

Pertumbuhan Penduduk dan Penyakit yang Berkaitan dengan Lingkungan Hidup

Masalah yang tak kalah pentingnya yang melanda tiap kota adalah wabah penyakit . Mau tidak mau , pemerintah dan masyarakat kota harus bekerja sama untuk menaggulangi masalah ini .
Contohnya kota padang . Akhir-akhir ini , kota padang terserang wabah c ChikungunyaWilayah Kota Padang mulai diserang wabah Chikungunya. Penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk aides aegepty dan gigitan nyamuk albopictus, sejak satu bulan terakhir ini telah menyerang puluhan warga di dua kelurahan berbeda seperti Kelurahan Cupak Tangah Kecamatan Pauh dan Keluarahan Air Tawar.
Dari penelurusan koran ini di Kelurahan Cupak Tangah, tepatnya di RT 2/RW 3, kemarin, ditemui sedikitnya belasan warga dari 10 Kepala Keluagra (KK) di tempat itu diserang penyakit Chikungunya.

Ditemukan 88 Kasus

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Padang Efrida Aziz mengakui kasus Chikungunya kembali merebak di sejumlah kecamatan di Kota Padang. Di antaranya delapan kasus di Cupak Tangah Kecamatan Pauh dan 84 kasus di Kelurahan Air Tawar
PERDA mengimbau agar membersihkan lingkungan serta tidak membiarkan adanya genangan air. Sebab berkembang biaknya nyamuk tersebut tidak hanya ditempat air kotor namun juga di genangan air yang bersih. Sehingga warga perlu berhati-hati terhadap hal ini apalagi saat ini sering hujan.
Hujan yang disertai panas mempercepat pertumbuhan nyamuk dan jentik-jentik. Jadi khusus untuk genangan air bersih sebisa mungkin warga menggunakan serbuk abate. Serbuk ini merupakan obat yang dapat membunuh perkembangan nyamuk aydees agepty dan nyamuk albopictus


REFERENSI
http://www.diknas-padang.org/mod.php?mod=publisher&op=printarticle&artid=607

Tidak ada komentar:

Posting Komentar